Jasa Kirim Barang Surabaya, Ini Tips Mengirim Paketnya

22
Jun 2024
Kategori : Blog
Penulis : Admin
Dilihat :45x

Mengirim paket menggunakan jasa kirim barang Surabaya sebenarnya bukan perkara sulit. Hanya membutuhkan beberapa Langkah sederhana. Namun, mungkin terasa membingungkan bagi pemula.

Meskipun begitu, tidak perlu merasa khawatir. Jika Anda mempunyai bisnis online, simak saja tips mengirim paket dalam artikel ini.

Sehingga proses pengiriman produk ke alamat konsumen bisa dilakukan secara lancar tanpa ada kendala. Nantinya bisnis online Anda juga akan semakin berkembang.

Tips Mengirim Paket Menggunakan Jasa Kirim Barang Surabaya

Mengirim paket sebenarnya bisa Anda lakukan secara mudah, hanya perlu memperhatikan sejumlah detail kecil untuk mencegah masalah di lain waktu. Ini dia tips untuk mengirim paket.

1. Packing dengan Aman

Salah satu tips kirim barang Surabaya ialah melakukan packing secara aman. Anda perlu membungkus produk dengan baik supaya tidak terjadi kerusakan atau kecacatan selama proses pengiriman. Ini dia beberapa jenis packing yang aman.

a. Amplop

Salah satu cara packing ialah mengandalkan amplop. Jika hanya ingin mengirim produk berupa kertas atau dokumen, maka cukup gunakan amplop sebagai pembungkusnya.

Misalnya saja menjual kertas foto, maka cukup masukkan ke dalam amplop. Contohnya lagi menjual perangko, maka boleh juga membungkusnya dengan amplop.

Amplop adalah solusi packing ketika barang tidak memerlukan perlakukan khusus. Seperti yang Anda tahu, kertas tidak mudah rusak jadi cukup untuk membungkusnya dengan amplop.

b. Kardus Karton

Kardus karton lebih diperlukan ketika produk mudah pecah. Anda bisa menambahkan styrofoam di dalamnya. Jadi, produknya akan sampai dengan selamat di alamat tujuan.

Selain itu, kardus karton juga umum dijadikan sebagai packing untuk produk elektronik. Jadi, apabila produknya bertabrakan dengan paket milik orang lain selama proses pengantaran, tidak akan terjadi kerusakan.

Jangan sampai mengirim barang yang mudah pecah atau elektronik namun hanya membungkusnya dengan amplop atau plastik. Tentu ada risiko produknya pecah atau rusak selama pengantaran oleh jasa kirim barang Surabaya.

Bukan berarti pihak jasa ekspedisi tidak mau mengantarkan barang secara aman tanpa packing kardus karton. Namun, akan lebih baik jika melakukan packing kardus karton untuk lebih menjamin keamanan produk.

Ekspedisi pasti akan menjaga supaya produk yang dikirimkan tidak pecah atau rusak. Namun, sebagai pengguna jasa, lebih baik menambah perlindungan untuk menghindari risiko.

Baca Juga: Manfaat Mengandalkan Ekspedisi Surabaya untuk Pengiriman

c. Bubble Wrap

Packing selanjutnya bisa mengandalkan bubble wrap. Bubble wrap akan menahan produk dari getaran. Jadi, produk Anda bisa diantarkan secara aman ke lokasi tujuan.

Bubble wrap juga umum dipakai untuk mengirimkan barang pecah belah dan elektronik. Sehingga konsumen bisa menerima produknya dalam kondisi bagus.

Contohnya saja ingin kirim barang Surabaya berupa jam beker. Maka, Anda dapat membungkus jam beker dengan bubble wrap. Sehingga jam beker tidak akan pecah maupun rusak selama proses pengantaran.

Coba bayangkan jika hanya membungkus jam beker dengan plastik. Tentu ada risiko jamnya pecah atau mesinnya rusak. Lantas, konsumen merasa kecewa karena produknya cacat.

d. Peti Kayu

Peti kayu umumnya diandalkan sebagai packing paling luar untuk produk yang dikirimkan menggunakan jalur laut atau udara. Karena jarak pengirimannya jauh, jadi wajib melakukan packing ekstra.

Contohnya saja ingin mengirimkan smartphone atau kamera DSLR ke luar pulau. Tentu terlalu berisiko jika sekedar membungkusnya dengan amplop atau plastik.

Anda perlu memberikan perlindungan ekstra, mulai dari bubble wrap, kardus karton hingga peti kayu. Jadi, produk tersebut akan terlindung dari risiko kerusakan.

2. Tambahkan Ice Gel untuk Frozen Food

Jika hendak menggunakan jasa kirim barang Surabaya untuk mengirim frozen food, jangan sekedar melakukan packing. Jangan hanya membungkus dengan bubble wrap dan kardus karton.

Tambahkan juga ice gel guna menjaga suhu makanan supaya senantiasa stabil. Jadi makanannya tidak akan basi maupun rusak selama proses pengantaran.

Sebelum mengirim frozen food, pastikan untuk bertanya dahulu ke pihak ekspedisi pilihan Anda. Tanyakan apakah tersedia layanan pengiriman frozen food. Tanyakan juga seperti apa ketentuan khusus pengiriman frozen food.

Mengirim paket berupa frozen food juga mempunyai risiko tersendiri. Jadi pastikan cermat dalam melakukan packing dan berkonsultasi dengan pihak ekspedisi.

Baca Juga: Mengenal Cargo Surabaya dan 3 Jalur Pengiriman Barangnya

3. Menambahkan Kartu Ucapan “Terima Kasih”

Apabila mempunyai bisnis dan ingin mengirimkan produk mengandalkan jasa kirim barang Surabaya, jangan lupa tambahkan kartu ucapan “Terima Kasih”. Hal ini akan memberi kesan baik pada konsumen.

Mungkin, kartu ucapan terkesan tidak penting. Padahal, ucapan terima kasih ini bisa memberikan kebahagiaan bagi konsumen. Mereka akan merasa dihargai karena telah membeli produk Anda.

Walaupun terkesan tidak penting, keramahan yang Anda tunjukkan melalui kartu ucapan “Terima Kasih” bisa membuat konsumen tertarik untuk menjadi pelanggan tetap.

Pada kartu ucapan “Terima Kasih”, juga dapat menyertakan nomor kontak atau media sosial. Jadi ketika konsumen punya keluhan, bisa segera menghubungi Anda.

4. Menambahkan Stiker “Fragile”

Jika mengandalkan jasa kirim barang Surabaya untuk mengirim barang pecah belah, maka tambahkan stiker “Fragile”. Misalnya hendak mengirimkan piring, gelas, keramik atau kaca.

Boleh juga menambahkan tulisan “Barang Mudah Pecah”. Sehingga ekspedisi akan lebih berhati-hati ketika mengantarkan produk tersebut ke alamat tujuan.
Akan lebih baik memilih stiker “Fragile” dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca. Jangan memilih font yang menonjolkan kesan estetik.

5. Menulis Alamat Secara Jelas dan Lengkap

Tatkala hendak menggunakan jasa kirim barang Surabaya, pastikan Anda menuliskan alamat tujuan secara jelas dan lengkap. Termasuk keterangan detail nomor rumah, RT dan RW.

Tidak lupa tuliskan nomor telepon yang bisa dihubungi. Nomor telepon ini akan memudahkan kurir untuk mengantarkan paket ke alamat tujuan.

Selain menuliskan alamat tujuan, tuliskan juga alamat pengirim. Jadi, jika mempunyai bisnis online, perlu menuliskan alamat perusahaan Anda sendiri.

Lantas, mengapa perlu menuliskan alamat pengirim padahal tujuannya adalah alamat penerima? Penulisan alamat pengirim ini bertujuan ketika terjadi masalah atau kendala selama proses kirim barang Surabaya.

Contohnya alamat penerimanya gagal ditemukan oleh kurir, paketnya akan dikembalikan ke alamat pengirim. Contoh lainnya adalah ketika konsumen ingin mengembalikan produk maka mudah bagi ekspedisi untuk mengirimkannya lagi pada pengirim.

Alamatnya dituliskan pada bagian paling luar packing. Lantas, lapisi tulisan alamatnya dengan plastik atau selotip supaya tidak luntur apabila terkena air hujan.

Meskipun sedang musim kemarau, tetap lapisi alamat dengan plastik maupun selotip. Karena tetap ada risiko tiba-tiba terjadi hujan.

6. Memilih Ekspedisi Terpercaya

Hal yang tidak boleh dilewatkan ialah memilih jasa kirim barang Surabaya terbaik. Ekspedisi terpercaya akan memastikan paket diantarkan dengan selamat ke alamat tujuan.

Pastikan mencari tahu tentang ekspedisi terlebih dahulu. Cari tahu layanannya dan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan. Biasanya layanannya punya biaya dan durasi pengiriman berbeda-beda.

Mengirim paket adalah aktivitas sederhana yang mulai banyak dilakukan di masa sekarang, khususnya bagi pemilik bisnis. Jika Anda juga perlu mengirimkan paket pada konsumen, gunakan jasa kirim barang Surabaya.

Butuh bantuan
Scan the code